Rabu, 05 Januari 2011

Barber Paradox


Barber Paradoks (Paradoks Tukang Cukur) adalah suatu paradoks klasik yang muncul akibat syarat-syarat yang menghasilkan  suatu pertentangan. Oke, kita langsung saja.

Di suatu kota terpencil (anggap kota pulau di tengah-tengah samudera) hanya terdapat seorang tukang cukur (pria). Di kota itu terdapat perda yang melarang tiap pria berambut panjang, jadi tiap pria harus rutin bercukur, apakah itu pergi ke tukang cukur atau mencukur sendiri. Si tukang cukur tidak diperbolehkan mencukur pria yang mencukur sendiri rambutnya sendiri.

Nah, dari kisah di atas, ada dua syarat yang harus dipenuhi yaitu:
1.       Tiap pria harus bercukur.
2.       Tukang cukur harus mencukur semua orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri.

Pertanyaannya, siapakah yang mencukur rambut si tukang cukur? Bolehkah dia mencukur rambutnya sendiri? Jika dia mencukur dirinya sendiri, artinya dia bercukur di tukang cukur (dia kan tukang cukur), dan ini bertentangan dengan syarat 2.  Jadi, bagaimana solusinya?

11 komentar:

  1. tukang cukur tidak perlu dicukur karena BOTAK
    hehehehe,,,

    BalasHapus
  2. perdanya kan tdk boleh mencukur orang yg mencukur rambut sendiri klo mencukur rambut sendiri berarti boleh. . . !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak dia mencukur rambut sendiri artinya dia mencukur orang yang mencukur rambutnya sendiri.. ^^

      Hapus
  3. Jika tukang cukur bernama A, ada dua orang pria bernama B, dan C. Maka bisa dibuat begini, si A mencukur si B, si B mencukur si C dan si C mencukur si A.
    Atau, "Tukang cukur hanya mencukur orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri". Bagaimana jika dia dicukur oleh istrinya? Kan wanita tidak perlu bercukur.

    BalasHapus
  4. Perda yang meresahkan. ayo kita tandatangani petisi mosi tidak percaya untuk walikota yang membuat aturan yang paradox

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. tukang cukur dicukur oleh orang yg telah dicukur,, sebuah upaya jika tukung cukur tak mungkin mencukur rambutnya sendiri karena syaratnya sendiri

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Perhatian! Semua tulisan pada blog ini merupakan karya intelektual admin baik dengan atau tanpa literatur, kecuali disebutkan lain. Admin berterima kasih jika ada yang bersedia menyebarkan tulisan-tulisan atau unggahan lain di blog ini dengan tetap mencantumkan sumber artikel. Pemuatan ulang di media online mohon untuk diberikan tautan/link sumber. Segala bentuk plagiasi merupakan pelanggaran hak cipta.